Ayo Miliki Saham di https://www.globallshare.com/id/2301281.html

Jumat, 22 Februari 2013

Hargai dan Hormati Perbedaan


Hargai dan hormati perbedaan, karena perbedaan itu adalah anugrah dan ciptaan Yang Maha Kuasa. Perbedaan itu mutlak ada dan perlu ada di jagat raya ini. Dengan banyaknya ada perbedaan, satu dengan yang lainnya berbeda menjadikan perbedaan itu indah. Perbedaan itu melambangkan ke Bhinekaan (Bhineka Tunggal Ika yang artinya walau berbeda beda tetapi tetap satu yaitu Indonesia) sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Bagaimana jika tidak ada perbedaan?
  1. Coba lihat disekitar kita sudah bisa dipastikan ada perbedaan. Mulai dari keluarga kita Bapak, Ibu, Kakak, Adik, Saudara dan yang lainnya sudah pasti berbeda.
  2. Coba bayangkan seandainya dirumah kita Bapak, Ibu, Kakak, Adik, Saudara dan yang lainnya semua sama, wajahnya sama, kulitnya sama, rambutnya sama, tingginya sama, bentuknya sama, jenis kelaminnya sama, apa tidak bingung tuh yang mana Bapak, yang mana Ibu, yang mana Kakak, Adik dan yang mana saudara?
  3. Coba lihat seandainya didunia ini cuma ada satu warna saja misalnya warna hitam saja, semua rumah warnanya hitam, semua kendaraan warnanya hitam, lalu apa jadinya jika cuma ada satu warna saja? Apakah itu indah?
  4. Coba bayangkan, seandainya semua orang memiliki kemampuan memimpin, lantas siapa yang mau dipimpin? Kalau semua orang menjadi orang tua, siapa yang mau jadi anak? Siapa juga yang akan menerima sedekah, jika semua orang ditakdirkan kaya?
  5. Coba bayangkan bahwa di jagat raya ini ada banyak tempat - tempat Pariwisata tetapi bentuk dan uniknya semua sama? Lalu apanya yang menarik, tentu tidak ada yang menarik kan? Semuanya sama dijagat raya ini? Kalau begitu tidak usah bepergian dong karena sudah semuanya sama?! Apa seperti itu yang kita inginkan? Tentu tidak kan? Makanya Yang Maha Kuasa sudah memikirkan bahwa perlunya Perbedaan.
  6. Bagaimana kalau semua sekolah sama, program pendidikan sama, hasil lulusan sama, semua semuanya sama, kalau begitu tidak perlu sekolah jauh-jauh kan? Kan sudah sama? Ngapain sekolah jauh-jauh ? Tetapi kenyataannya kan tidak sama , hasilnya pasti berbeda kan? Itulah perlunya perbedaan!

Bagaimana mungkin kita menyamakan agar semua sama, tidak mungkin kan? Itu berarti kita tidak tulus menerima ciptaan Tuhan. Tanpa adanya perbedaan dan warna-warni, kita tidak akan merasakan hidup semeriah dan seindah sekarang ini, betul?
Mulai kita bangun tidur saja, mulai buka mata pagi hari kita berhadapan dengan banyak perbedaan? Dalam kehidupan kita sehari hari selalu berhadapan dengan segala macam perbedaan dan warna-warni kehidupan. Tapi sayang, tidak semua orang mampu melihat perbedaan sebagai kekayaan. Banyak orang merasa tersiksa karena perbedaan alias mereka tidak mampu menikmatinya perbedaan.
Tidaklah mungkin segala sesuatu hal sama. Bahkan kesamaanpun sebenarnya tidak selalu menguntungkan. Berbagai bentuk kejahatan dimulai hanya karena perbedaan. Entah itu perbedaan warna kulit, agama, suku bangsa, perbedaan prinsip atau sekadar perbedaan pendapat. Sebenarnya, perbedaan bukanlah sesuatu yang bisa dihindari.
Perbedaan lahir sedemikian rupa, setiap orang lahir dengan perbedaan dan keunikannya masing-masing. Mulai dari perbedaan fisik, perbedaan pola pikir, perbedaan kesenangan, dan lain-lainnya. Perbedaan ada bukan untuk dijadikan alat perpecahan. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dengan adanya perbedaan. Yang terpenting bagaimana kita mengelola Perbedaan itu, diantaranya adalah:
  1. Memandang perbedaan itu adalah kekayaan yang patut kita syukuri. Jadikan perbedaan itu suatu hal yang positif. Cara pandang kita yang benar terhadap perbedaan akan melahirkan suatu sikap yang positif juga.
  2. Musyawarahkan perbedaan untuk mencapai suatu kesepakatan. Berlatihlah untuk
    menghargai perbedaan, menerima perbedaan, menjalankan dan bertanggungjawab terhadap keputusan bersama, meski berlawanan dengan ide sebelumnya.
  3. Posisikan diri kita pada suatu tempat yang benar mesti pada Saat bekerja sama dengan orang lain, salurkan potensi, karakter, minat yang berbeda-beda pada posisi 'yang tepat'. Cara ini akan mendorong tercapainya tujuan bersama dan mendukung pengembangan potensi masing-masing individu.
  4. Jangan pernah mensepelekan orang lain apapun pendapatnya, apapun kondisinya atau apapun pendapatnya, perlakukan mereka selayaknya diri kita ingin diperlakukan. Semua orang penting, semua memiliki peran masing-masing yg bisa jadi tidak bisa digantikan oleh orang lain.
  5. Bersikaplah yang wajar atau tidak sombong. Jangan merasa diri paling penting dan lebih baik dari pada orang lain. Kenapa ? Karena kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Jadilah beton dalam bangunan, meski tidak nampak, namun sesungguhnya ialah yang menjadi penyangga kokohnya sebuah bangunan.
  6. Koreksi diri sendiri sebelum menyalahkan orang lain. Karena tanpa kita sadari kekeliruan ada pada diri kita sendiri. Karena itu koreksi diri sendiri terlebih dahulu merupakan langkah yang paling bijaksana
Mengapa banyak diantara kita memperdebatkan perbedaan sebagai sesuatu yang tak pantas ada, sehingga harus dihilangkan. Mengapa banyak diantara kita melihat perbedaan sebagai hal yang mengotori sehingga harus dibersihkan. Mengapa banyak diantara kita melihat perbedaan sebagai sesuatu yang menjijikkan sehingga harus dibasmi.
Berhentilah memperdebatkan perbedaan. Karena perbedaan itu indah, berdampak positif untuk kebahagiaan kita bersama. Karena keindahan itu diciptakan untuk bergandengan saling melengkapi.
Kita berharap agar setiap orang yang lahir dijagat raya ini menyadari betapa indahnya dan betapa agungnya perbedaan, sama seperti anggota tubuh, mata berbeda dari mulut, telinga berbeda dari kaki, tapi kesemuanya terikat dalam tubuh dan saling bekerjasama, untuk membuat tubuh bergerak dan berfungsi dengan baik.
Jika mata tertutup, tentu kaki akan kesandung saat berjalan, jika hidung berhenti mengambil oksigen tentu paru-paru akan sesak dan membuat tubuh kekurangan nafas, jika mulut tak mau menerima makanan, tentu tubuh akan lemas dan mengganggu gerak anggota tubuh lainnya.
Jika seluruh tubuh adalah mata, bagaimana tubuh akan berjalan ?
Jika seluruh tubuh adalah kaki, dengan apa tubuh akan melihat ?
Jika seluruh tubuh adalah mulut, dengan apa tubuh mendengar ?
Jadi jelas Tuhan menciptakan perbedaan dengan fungsinya masing-masing adalah untuk kebaikan manusia, makhluk yang sangat mulia dibandingkan dengan makhluk lain.
Berhentilah untuk mempermasalahkan perbedaan. Berhentilah bertikai karena perbedaan
Berhentilah saling menjatuhkan karena perbedaan.Bersyukurlah bahwa perbedaan adalah Anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa dan diciptakan untuk kita semua.